MEKANISME DIKLAT

Proses penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di lingkungan Kantor Diklat Provinsi DKI Jakarta, melalui tahapan-tahapan:  

1. Tahap Pradiklat

  • Penyusunan dan penyempurnaan kurikulum diklat. Setiap program diklat Teknis Fungsional sebelum dimulai pelaksanaan diklat selalu dilakukan pengkajian baik materi maupun metodologi diklat. Hal ini dimaksudkan agar supaya kurikulum diklat senantiasa mampu mengkomodir tuntutan kemampuan pegawai yang diperlukan dalam melaksanakan tugas sehari-hari sehingga materi dalam kurikulum sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Khusus diklat prajabatan dan diklat struktural materi kurikulumnya telah ditetapkan oleh LAN maupun Badan Diklat Departemen Dalam Negeri. Kewenangan Kantor Diklat Provinsi DKI Jakarta hanya memasukkan beberapa materi muatan lokal (Substantif)
  • Penentuan jadwal dan kualifikasi tenaga pengajar. Setelah materi kurikulum diklat Teknis Fungsional disempurnakan, maka ditentukan tenaga pengajar yang sesuai dan menguasai secara akademis maupun penguasaan dalam metodologi pengajaran secara androgogis dan akhirnya dituangkan dalam bentuk jadwal pelajaran.
  • Penentuan peserta diklat. Kualifikasi diklat untuk diklat Teknis Fungsional ditentukan sesuai dengan diklat yang ada. Setiap jenis diklat Teknis Fungsional persyaratan calon peserta berbeda-beda, hal ini dimaksudkan agar supaya peserta diklat tersebut sesuai dengan bidang tugas yang diembannya. Untuk calon peserta diklat dilakukan seleksi administratif, bahkan diklat Teknis Fungsional tertentu dilakukan tes akademis (Diklat Bendaharawan, Protokol). Untuk diklat Struktural, mekanisme seleksi calon peserta diatur dalam ketentuan Kepala LAN dan Kepala Badan Diklat DDN. Sebagai prasyaratan umum bahwa calon peserta diklat adalah Pegawai Negeri Sipil dan diusulkan oleh Kepala Unit yang bersangkutan.
  • Persiapan sarana dan prasarana diklat Tahap berikutnya adalah mempersiapkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan perlengkapan peserta diklat (ATK), Ruang kuliah, pembiayaan, bahan pembelajaran, instrumen evaluasi diklat, alat bantu pembelajaran. Kelengkapan sarana pendukung proses pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan diklat.
  • Pemanggilan Peserta diklat. Calon peserta diklat yang telah terseleksi sesuai dengan jenis diklat, dilakukan panggilan melalui unit kerja masing-masing dan selanjutnya diberikan pengarahan tentang pelaksanaan diklat dari awal sampai berakhir. Hal ini dimaksudkan agar peserta diklat mengetahui tentang pelaksanaan tujuan program diklat, penyelenggaraannya, sistim evaluasinya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan tata tertib selama diklat berlangsung.

 

2. Tahap Pelaksanaan Diklat

Didalam pelaksanaanya Diklat ada 4 hal penting yang perlu mendapat perhatian yaitu: Pelaksanaan proses pembelajaran, Sistem Penilaian, Kriteria Kelulusan, dan pemberian predikat penilaian, serta pengembalian peserta diklat ke unit yang mengirimkannya.

1. Pelaksanaan proses pembelajaran

Pelaksanaan proses pembelajaran melalui pendekatan androgogis dengan metode ceramah, diskusi, simulasi, diskusi kelompok, seminar dan Praktek kerja lapangan. Selama diklat berlangsung semua peserta diklat diharuskan mengikuti dan berperan aktif dalam setiap kegiatan proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran dipandu oleh Fasilitator (Widyaiswara dan Pengajar dari berbagai instansi) untuk memberikan masukan sekaligus melatih peserta diklat supaya materi pembelajaran dapat dikuasai secara optimal. Untuk mendukung proses pembelajaran disediakan modul, bank kasus/soal yang telah disusun oleh Diklatprop DKI Jakarta.

2.   Sistem Penilaian  

               Penilaian hasil pembelajaran

Evaluasi hasil pembelajaran dilakukan setiap akhir materi pembelajaran (Formatif Test) maupun setiap akhir diklat (Sumatif Test) dengan acuan yang digunakan dalam evaluasi hasil pembelajaran adalah SK Gubernur No. 1614 tahun 1989 tentang Pedoman Penilaian bagi peserta diklat Teknis Fungsional di DKI Jakarta. Aspek yang dinilai meliputi : Kognitif, Affektif dan Psikomotorik. Sedangkan acuan penilaian untuk prajabatan dan diklat Struktural mengacu ketentuan Ketua LAN dan Badan Diklat DDN. Bagi diklat Strruktural diterapkan "Mastery Learning" dalam arti diklat dilaksanakan dengan sistem pengajaran bagi orang dewasa sehingga diharapkan seluruh peserta dapat lulus, sebab dalam diklat tersebut diberikan tugas membaca, tugas kelompok dan tugas lainnya agar yang bersangkutan bila kurang menguasai materi, didorong agar mampu menguasai materi tersebut.

Penilaian terhadap pengajar

Untuk menilai kemampuan tenaga pengajar dalam penguasaan materi maupun metodologi pembelajaran maka diadakan penilaian oleh peserta diklat dan penyelenggara dengan menggunakan format penilaian yang telah standar. Hasil penilaian tenaga pengajar tersebut digunakan sebagai bahan masukan untuk program berikutnya tentang kredibilitas masing-masing pengajar.

Penilaian terhadap proses penyelenggaraan diklat.

Diklatprov DKI Jakarta sebagai penyelenggara diklat dinilai oleh peserta diklat yang meliputi aspek : pelayanan administrasi, kenyamanan ruang belajar, kelengkapan alat bantu pembelajaran, pelayanan konsumsi, kejelasan informasi (hubungan antara peserta, pengajar dan penyelenggara). Hasil evaluasi tersebut sebagai masukan untuk perbaikan penyelenggaraan diklat di masa mendatang.

 3. Kriteria Kelulusan

 .             1. Kehadiran peserta minimal 90 % dari total kegiatan diklat

-Menunjukkan sikap sopan dan tidak membuat keributan selama diklat

-Menunjukkan sikap sopan dan tidak membuat keributan selama diklat

Nilai rata-rata minimal 60

 

               2. Predikat penilaian : 

* 91 - 100 (sangat memuaskan)

* 81 - 90 (memuaskan)

* 76 - 80 (amat baik)

* 66 - 75 (baik)

* 60 - 65 (cukup)

4. Pengembalian peserta diklat

Setelah peserta diklat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diklat dan dinyatakan lulus, maka diberikan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan, dan selanjutnya secara resmi dikembalikan ke unit kerja masing-masing. Apabila ada peserta diklat yang gagal mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diklat, hal ini juga diinformasikan ke unit pengirim.

 

 

Kepala Badan Diklat DKI

Dra. Budihastuti, M. Psi
diklat

Jadwal Diklat

news

Links

all
  • jakarta.go.id
  • Lembaga Administrasi Negara
  • LPSE

Akreditasi

all

Akreditasi B untuk Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dan Tingkat 3 serta Diklat Prajabatan Golongan I,II, dan III Dari LAN

Akreditasi B untuk Penyelenggaraan Diklat Pengadaan Barang dan Jasa Dari LKPP

Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 Dari UKAS AJA (Anglo Japanese American)

Jumlah Pengunjung